Cotoh Abstrak Skripsi


ABSTRAK - Bintang khoiriah Nst. NPM: 7107030066. Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Medan 
Kas merupakan harta lancar perusahaan memiliki peranan penting dalam kegiatan operasional, karena hampir semua transaksi yang terjadi mempengaruhi kas. Faktor yang mempengaruhi posisi kas tersebut adalah faktor penerimaan dan pengeluaran kas. Penerimaan kas bersifat continue seperti penjualan tunai, penerimaan hutang, penerimaan pendapatan, dan penerimaan kas yang bersifat non continue seperti penjualan saham, pendapatan bunga, penjualan aktiva tetap. Pengeluaran yang bersifat continue seperti pembelian tunai bahan baku, pembayaran hutang, pembayaran gaji dan pengeluaran kas yang bersifat non continue pembelian aktiva tetap, pembelian saham, pembayaran deviden. Transaksi kas di atas akan berlangsung tunai selama perusahaan masih beroperasi, sehingga tidak tertutup kemungkinan akan muncul kesalahan atau penyalahgunaan kas dapat terjadi karena tidak adanya pemisahan fungsi dalam perusahaan dilaksanakan secara tumpang tindih atau pekerjaan pertumbuhannya pada suatu bagian tertentu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas yang diterapkan pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Medan yang beralamat Jln. Badur No. 3 Medan, dengan sumber data Sekunder yaitu dokumen-dokumen perusahaan dari bagian keuangan yang berhubungan dengan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan dokumentasi dari bagian personalia. Adapun untuk menganalisa data, dengan menggunakan metode Analisis SWOT yaitu suatu analisis yang mengkaji mengenai kekuatan (Strenghts), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Theats) serta melakukan Observasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas yang diterapkan pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Medan telah terlaksana secara efektif dan efisien. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas dilakukan oleh beberapa Fungsi dimana setiap fungsi pemilik tugas dan tanggungjawab yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Kata Kunci : Sistem Akuntansi Penerimaan Kas, Sistem Akutansi Pengeluaran Kas, Analisis Swot

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufik dan hidayah-nya, sehingga skripsi ini dapat penulis selesaikan dan dapat terwujud seperti sekarang ini.

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi persyaratan guna meraih gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara.

Di dalam memenuhi kewajiban tersebut, penulis dengan segala keterbatasannya memberanikan diri untuk menyusun dan merangkum sebuah skripsi dengan judul: “ Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas di PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Medan.”

Dan penulis juga sadar bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis dengan segala kerendahan hatinya menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun.


Dalam kesempatan baik ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:
  1. Bapak Edi Sofian, Se, M. Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi UISU 
  2. Bapak H. Zufrizal, SE, MBA, MAFIS, AK selaku Ketua Jurusan Akuntansi dan sekaligus Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing saya dalam penulisan skripsi ini.
  3. Ibu Sri Rahayu, SE, M. Si, selaku Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing saya.
  4. Seluruh Staf Pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara.
  5. Bapak Rachmat Fauzi selaku Koordinator Akuntansi di PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Medan beserta seluruh staff dan pegawainya.
  6. Ayahanda (Arifin Azis Nst) dan Ibunda (Mas Dewana Sikumbang) tercinta yang telah mengasuh dan mendidik serta memberikan bimbingan dan dorongan, nasehat dan do’a sehingga penulis berhasil menyusun skripsi dan menyelesaikan studi di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara.
  7. Kakak-kakak ku dan Abang Iparku ( Ernisah Dewarni, Nur Hamida, Nusun Siregar) yang selalu memberikan Dorongan dan dengan canda tawanya selalu menemaniku.
  8. Pacarku (Ahmad fahrurrozi Hsb/ Bambang ) tercinta yang telah banyak memberikan dorongan dan Do’a, sehingga penulis dapat menyusun Skripsi ini.
  9. Sahabat-sahabatku “ fazila Hisvihana, Jurnita Br. Regar, Maradingin Harahap, Mintana Roma Putra Dly, Devi Oktari Tanjung, Sukma Dwi Cahya, Permita sari,”yang banyak membantuku baik waktu maupun tenaga dalam penyelesaian skripsi ini. Dan teman-teman kuliahku yang lain, terima kasih atas bantuanya.
  10. Teman-teman dikost (Bang Iwan, Ka Hasna, Wana, Lia )dan yang lainnya yang banyak membantuku dengan ide-idenya.
Akhirnya penulis juga menghanturkan maaf atas segala kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam penulisan skripsi ini. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi kita semua. Amin. 

Medan, Maret 2011

Penulis

0 komentar:

Post a Comment