Contoh Abstrak Skripsi




ABSTRAK

DHARMA PUTRA LAKSMONO. NPM 7107050065.  Pengaruh Model Pembelajaran Guide Note Taking Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Mahluk Hidup di Kelas VII SMP Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Guide Note Taking terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok ciri-ciri mahluk hidup. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas   kelas VII SMP Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 115 orang siswa. Dari 115 orang siswa diambil sampel sebanyak 38 orang siswa. Sampel diuji dengan Pre-test dan post-tes untuk mendapatkan data.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimen) menggunakan model pembelajaran Guide Note Taking bertujuan untuk melihat hasil belajar biologi siswa pada materi pokok ciri-ciri mahluk hidup di kelas VII SMP Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Mencari Hipotesis menggunakan Uji t dengan taraf signifikan α = 0,05% dan dk = N-1.
            Hasil penelitian ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Pembelajaran Guide Note Taking, nilai rata-rata pre-tes (mean) adalah 68.72 dan standart deviasi 14.02 ada peningkapatan pada nilai rata-rata pos-tes yaitu 81.71 dan standar deviasi 9.61.
Dari hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji t diperoleh thitung  sebesar 4.677 dan dikonsiltasikan dengan ttabel pada taraf signifkan 5% sebesar 2,232. Maka diproleh thitung > ttabel (4,831 > 2,232) dan  karena to yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 4,831 > 2,232 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Guide Note Taking terhadap hasil belajar Biologi pada materi pokok Ciri-ciri Mahluk Hidup di kelas VII SMP Swasta Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012.

0 komentar:

Post a Comment