BAB V
HASIL PENELITIAN
5. 1. Gambaran Umum Lokasi
penelitian
Kelurahan
Bangun Sari Baru memiliki XII dusun adapun
batas wilayah sebagai berikut :
- Sebelah Barat
berbatasan dengan : Desa Buntu
Bedimbar dan Telaga Sari
- Sebelah Timur
berbatasan dengan : Desa Limau Manis
- Sebelah Selatan
berbatasan dengan : Desa Bangun Sari
- Sebelah Utara
berbatasan dengan : Desa sena
Kecamatan Batang Kuis
5. 2. Hasil Penelitian
Dari
hasil penelitian yang berjudul “Hubungan Karakteristik Pengasuh Balita Dengan
Status Gizi Balita di Desa Bangun Sari Baru Dusun VIII dan IX Kecamatan Tanjung
Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2011”, Maka penelitian mendapat hasil
sebagai berikut :
5.
2. 1. Karakteristik Penelitian
1.
Pengetahuan Responden
Tabel 5. 1.
Distribusi
responden berdasarkan pengetahuan pengasuh balita tentang kebutuhan nutrisi
pada balita diDesa Bangun sari baru dusun VIII dan IX Kecamatan Tanjung Morawa
Kabupaten Deli Serdang Tahun 2011”
No.
|
Katagori Pengetahuan
|
Jumlah
Responden
|
Persentase
|
1.
2.
3.
|
Baik
Sedang
Buruk
|
5
17
4
|
19 %
66%
11 %
|
Total
|
26
|
100 %
|
Keterangan
: Dari hasil penelitian didapat bahwa pengetahuan pengasuh balita di Desa
Bangun Sari Baru Dusun VIII dan IX Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli
Serdang Tahun 2011” mayoritas berpengetahuan sedang yaitu 17 orang (66%).
2. Pendidikan Responden
Tabel 5. 2.
Distribusi
pengetahuan responden berdasarkan pendidikan pengasuh balita tentang kebutuhan
nutrisi pada balita diDesa Bangun sari baru dusun VIII dan IX Kecamatan Tanjung
Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2011”
No
|
Pengetahuan
|
PENDIDIKAN
RESPONDEN
|
TOTAL
|
|||||||||
Tidak Sekolah
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
|||||||||
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
|||
1.
2.
3.
|
Baik
Sedang
Buruk
|
-
-
1
|
-
-
4%
|
3
11
1
|
11%
42%
4%
|
2
4
2
|
8%
15%
8%
|
-
2
-
|
-
8%
-
|
5
17
4
|
19%
65%
16%
|
|
1
|
4%
|
15
|
57%
|
8
|
31%
|
2
|
8%
|
26
|
100%
|
Keterangan
: Dari hasil penelitian didapat bahwa pendidikan Pengasuh balita di Desa Bangun
Sari Baru Dusun VIII dan IX Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang
Tahun 2011, Mayoritas berpendidikan SD sebanyak 15 0rang dengan kriteria
berpengetahuan Sedang 11 orang (n, 42%), berpengetahuan baik 3 orang (11%),
berpengetahuan buruk 1 orang (4%) dan minoritas Tidak sekolah 1 orang (n, 4%).
3. Umur Responden
Tabel
5. 3.
Distribusi
pengetahuan responden berdasarkan umur pengasuh balita tentang kebutuhan
nutrisi pada balita di Desa Bangun sari baru dusun VIII dan IX Kecamatan
Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2011
No
|
Pengetahuan
|
Umur Responden
|
TOTAL
|
||||||
<17 data-blogger-escaped-span="" data-blogger-escaped-tahun="">
|
17 – 35 Tahun
|
36 – 50 Tahun
|
|||||||
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
||
1.
2.
3.
|
Baik
Sedang
Buruk
|
-
-
1
|
-
-
4%
|
1
10
2
|
4%
38%
8%
|
4
7
1
|
15%
27%
4%
|
5
17
4
|
19%
65%
16%
|
Total
|
1
|
4%
|
13
|
50%
|
12
|
46%
|
26
|
100%
|
Keterangan
: Dari hasil penelitian, didapat bahwa mayoritas pengetehuan responden berdasarkan umur yaitu
berpengetahuan Sedang 17 orang (65%)
diantaranya 10 orang pada umur 17 – 35 tahun (38%) dan 7 orang pada umur 36 – 50 tahuan (27%). Dan
minoritas berpengetahuan buruk yaitu sebanyak 4 orang diantaranya 1 orang (4%) pada
umur < 17 tahun, 2 orang pada umur 17 – 35 tahun (8%) dan 1 orang pada umur
36 – 50 tahun (4%).
4. Lama Bekerja Responden
Tabel 5. 4.
Distribusi
pengetahuan responden berdasarkan lama bekerja pengasuh balita tentang
kebutuhan nutrisi pada balita didesa Bangun sari baru dusun VIII dan IX
Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2011
No.
|
Pengetahuan
|
Lama Bekerja
(Pengalaman Bekerja)
|
TOTAL
|
||||
< 5 Tahun
|
>5 Tuhun
|
||||||
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
||
1.
2.
3.
|
Baik
Sedang
Buruk
|
2
8
2
|
8%
31%
8%
|
3
9
2
|
11%
34%
8%
|
5
17
4
|
20%
65%
15%
|
Total
|
12
|
47%
|
14
|
53%
|
26
|
100%
|
Keterang
: Dari hasil penelitian, di dapat bahwa pengasuh balita didesa Bangun Sari Baru
Dusun VIII dan IX Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2011,
Mayoritas pengetahuan responden berdasarkan lama bekerja yaitu berpengetahuan
sedang sebanyak 17 orang (65%) dan minoritas berpengetahuan buruk sebanyak 4
orang (15%).
5. 3. Status Gizi
Balita
Dari
hasil penelitian maka penelitian mendapat hasil status gizi balita asuh di desa
Bangun Sari Baru Dusun VIII dan IX pada Tahun 2011 adalah sebagai berikut :
Tabel 5. 5.
No.
|
Penilain
Status Gizi
|
F
|
Persentase
|
1.
|
Gizi Baik
|
7
|
27
|
2.
|
Gizi Sedang
|
11
|
42
|
3.
|
Gizi Kurang
|
8
|
31
|
4.
|
Gizi Buruk
|
-
|
-
|
Total
|
26
|
100 %
|
Keterangan : Dari data tabel diatas
maka diperoleh, Mayoritas status gizi balita asuh didesa Bangun Sari baru Dusun
VIII dan IX adalah gizi sedang sebanyak 11 balita (42%) dan minoritas status
gizi balita asuh adalah gizi baik sebanyak 7 balita atau (27%).
5. 5. Hubungan Karakteristik
Pengsuh Balita Dengan Status Gizi Balita
Untuk mengetahui hubungan
karakteristik pengasuh balita dengan status gizi balita, data diolah dengan
mengunakan Uji Regressi Linear Berganda yang diperoleh sebagai berikut :
Tabel
5. 6. Hasil Uji regressi Liniear Berganda antara Variabel Umur, Pendidikan,
Lama Bekerja, Pengetahuan dengan Variabel Status Gizi Balita
Mode
|
Unstandardized Coefficients
|
Standardized Coefficients
|
t
|
Sig.
|
||
B |
Std. Error
|
Beta
|
B
|
Std. Error
|
||
1
|
(Constant)
|
2.671
|
.743
|
3.593
|
.002
|
|
Umur Responden |
-.177
|
.169
|
-.219
|
-1.049
|
.306
|
|
Pendidikan Responden |
-.199
|
.145
|
-.297
|
-1.370
|
.185
|
|
Lama Bekerja Responden |
-.078
|
.218
|
-.084
|
-.356
|
.726
|
|
Skor Responden |
.344
|
.144
|
.438
|
2.382
|
.027
|
a Dependent Variable: Status Gizi Balita
Tabel 5. 7. Hasil Uji Regressi Liniear Berganda antara Variabel
Umur, Pendidikan, Lama Bekerja, Pengetahuan, dengan Variabel Status Gizi Balita
Pada Model Summary
Mode
|
R
|
R Square
|
Adjusted R Square
|
Std. Error of the Estimate
|
1
|
.560(a)
|
.314
|
.183
|
.425
|
a Predictors: (Constant), Skor Responden,
Pendidikan Responden, Umur Responden, Lama Bekerja Responden
Dari kotak “model summary”
didapatkan nilai R Squer sebesar 314 artinya keempat variabel independen dapat
menjelaskan variabel status gizi balita
sebesar 31,4 % sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Dari hasil uji
statistik didapatkan p value = 0,074, Namun demikian prinsip
pemodelan harus yang sederhana variabelnya maka masimg – masing variabel
independen harus dicek p valuenya,
variabel yang p value > 0,05
dikeluarkan dari model, dimulai dari P
Value yang paling terbesar.
Ternyata dari 3 variabel independen
variabel yang p valuenya > 0,05 yang
paling besar yaitu variable lama bekerja p
= 0,726, variable umur P = 0,306,
variable pendidikan P = 0,185.
Setelah variable lama bekerja dikeluarkan maka hasilnya sebagai berikut :
Tabel
5. 8. Hasil Uji regressi Liniear Berganda antara Variabel Umur,
Pendidikan, Pengetahuan dengan Variabel
Status Gizi Balita
Mode
|
Unstandardized Coefficients
|
Standardized Coefficients
|
T
|
Sig.
|
||
B
|
Std. Error
|
Beta
|
B
|
Std. Error
|
||
1
|
(Constant)
|
2.551
|
.649
|
3.929
|
.001
|
|
Umur
Responden
|
-.201
|
.153
|
-.248
|
-1.317
|
.201
|
|
PendidikanResponden
|
-.174
|
.124
|
-.260
|
-1.398
|
.176
|
|
Skor
Responden
|
.343
|
.142
|
.436
|
2.423
|
.024
|
a Dependent Variable: Status Gizi Balita
Tabel 5. 9. Hasil Uji Regressi Liniear Berganda antara Variabel
Umur, Pendidikan, Pengetahuan, dengan Variabel Status Gizi Balita Pada Model
Summary
Model
|
R
|
R Square
|
Adjusted R Square
|
Std. Error of the Estimate
|
1
|
.556(a)
|
.310
|
.215
|
.417
|
a Predictors: (Constant), Skor Responden,
Pendidikan Responden, Umur Responden
Dari tabel diatas dapat dilihat
bahwa tidak terdapat banyak perubahan nilai R Squer dan B- nya. Jika terjadi
perubahan yang besar maka variabel Lama Bekerja tidak jadi dikeluarkan dalam model.
Berdasarkan p valuenya > 0,05 maka variable
yang
harus dikeluarkan kembali adalah variabel Umur Responden dan hasilnya sebagai
berikut :
Tabel
5. 10. Hasil Uji regressi Liniear Berganda antara Variabel Pendidikan, Pengetahuan dengan Variabel Status Gizi
Balita
Mode
|
Unstandardized Coefficients
|
Standardized Coefficients
|
t
|
Sig.
|
||
B |
Std. Error
|
Beta
|
B
|
Std. Error
|
||
1
|
(Constant)
|
1.875
|
.404
|
4.645
|
.000
|
|
Pendidikan Responden |
-.125
|
.121
|
-.187
|
-1.036
|
.311
|
|
Skor Responden |
.375
|
.142
|
.477
|
2.649
|
.014
|
a Dependent Variable: Status Gizi Balita
Tabel 5. 11. Hasil Uji Regressi Liniear Berganda antara Variabel
Umur, Pendidikan, Pengetahuan, dengan Variabel Status Gizi Balita Pada Model
Summary
Mode
|
R
|
R Square
|
Adjusted R Square
|
Std. Error of the Estimate
|
1
|
.505(a)
|
.255
|
.190
|
.423
|
a Predictors: (Constant), Skor Responden,
Pendidikan Responden
Dari tabel diatas dapat dilihat
bahwa terdapat banyak perubahan nilai R
Square dan B-nya. Karena terjadi perubahan yang
besar maka variabel Umur Responden tidak jadi dikeluarkan dalam model.
Dari data – data
tabel diatas dapat disimpulkan bahwa model persamaannya adalah sebagai
berikut :
Y = a + b1X1
+ b2X2
+ …. + bkXk
+ e (Hastono, 2006)
Y = 2.551- 2,0 X1
(UR)
–
174 (PR) X2 + 343
(SR)
Keterangan :
a
= Constanta
X1 = Pengetahuan Respondens
Maka dapat
disimpulkan bahwa” ada hubungan karakteristik pengasuh balita dengan status
gizi balita” yang dimana faktor yang sangat mempengaruhi adalah pengetahuan
responden akan nutrisi yang baik bagi balita, umur responden, dan pendidikan
responden. Dimana sesuai dengan penelitian Rogers 1974 bahwa pengetahuan
manusia diperoleh melalui mata dan telinga dan pengetahuan merupakan domain
yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang dan sebelum orang
mengadopsi prilaku baru didalam diri orang tersebut terjadi proses kesadaran,
merasa tertarik, menimbang – nimbang, mencoba, adopsi dimana orang telah
berprilaku baru sesuai dengan pengetahuan, kesadaran, dan sikapnya terhadap
stimulus.
No comments:
Post a Comment