Contoh Bab IV Karya Tulis Ilmiah
BAB
IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian
Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test pada materi
pembelajaran Hakekat Ciri-ciri Mahluk Hidup di kelas VII1 SMP
Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Instrumen test yang digunakan sebanyak 25 soal
dengan 5 pilihan jawaban.
Dari
hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa kelas VII yang berjumlah 38
siswa diperoleh data skor pre test dan post test mata pelajaran Biologi pada
materi pembelajaran penelitian ilmiah yang tertera pada table 6 berikut:
Tabel 6. Nilai Pre-Tes Dan Post-Test Pada Materi Ciri-ciri
Mahluk Hidup dengan kriteria ketuntasan (KKM) adalah 60.
No
|
Nama Siswa
|
Hasil Fre Tes
|
Hasil Pos Tes
|
Keterangan
|
||
Skor
|
Nilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
Agung Ramadan
|
18
|
72
|
22
|
88
|
Tuntas
|
2
|
Anisa Kesuma Hati Harahap
|
15
|
60
|
21
|
84
|
Tuntas
|
3
|
Ari Afandi
|
12
|
48
|
22
|
88
|
Tuntas
|
4
|
Bima sakti
|
12
|
48
|
23
|
92
|
Tuntas
|
5
|
Diki Zulfi
|
18
|
72
|
21
|
84
|
Tuntas
|
6
|
Dedi Rahman
|
15
|
60
|
21
|
84
|
Tuntas
|
7
|
Dewi Syahfitri
|
24
|
96
|
24
|
96
|
Tuntas
|
8
|
Fauzan Abduh
|
18
|
72
|
23
|
92
|
Tuntas
|
9
|
Frizca Nur Afni
|
15
|
60
|
22
|
88
|
Tuntas
|
10
|
Intan Sari Darsih
|
18
|
72
|
25
|
100
|
Tuntas
|
11
|
Jaka Prasetyo
|
18
|
72
|
16
|
64
|
Tidak
|
12
|
Julita Nasution
|
18
|
72
|
20
|
80
|
Tuntas
|
13
|
Kiki Wulan Dari
|
22
|
88
|
20
|
80
|
Tuntas
|
14
|
Khalmar Lubis
|
23
|
92
|
18
|
72
|
Tuntas
|
15
|
Mustika Putriani
|
21
|
84
|
18
|
72
|
Tuntas
|
16
|
Muhammad Mustafa
|
10
|
40
|
22
|
88
|
Tuntas
|
17
|
Nurul Azizah
|
20
|
80
|
23
|
92
|
Tuntas
|
18
|
Nova Ardi Yanti
|
16
|
64
|
20
|
80
|
Tuntas
|
19
|
Okti Nuri Syahputri
|
22
|
88
|
20
|
80
|
Tuntas
|
20
|
Rahmad Hidayat
|
15
|
60
|
20
|
80
|
Tuntas
|
21
|
Rendi Prabowo
|
15
|
60
|
18
|
72
|
Tuntas
|
22
|
Rantika
|
19
|
76
|
20
|
80
|
Tuntas
|
23
|
Rika Handayani
|
19
|
76
|
21
|
84
|
Tuntas
|
24
|
Riski Handayani
|
14
|
56
|
18
|
72
|
Tuntas
|
25
|
Sarudin Brutu
|
16
|
64
|
22
|
88
|
Tuntas
|
26
|
Sri Mega Pambudi
|
20
|
80
|
20
|
80
|
Tuntas
|
27
|
Sari purnama Hutagalung
|
22
|
88
|
22
|
88
|
Tuntas
|
28
|
Siti Sarah Zein
|
19
|
76
|
22
|
88
|
Tuntas
|
29
|
Suryani
|
14
|
56
|
18
|
72
|
Tuntas
|
30
|
Siti Raudah Matondang
|
16
|
64
|
21
|
84
|
Tuntas
|
31
|
Tri saputra
|
20
|
80
|
22
|
88
|
Tuntas
|
32
|
Wahyudi
|
19
|
76
|
20
|
80
|
Tuntas
|
33
|
Winda Aristia Andinata
|
10
|
40
|
17
|
68
|
Tidak
|
34
|
Yuli Yani Citra
|
18
|
72
|
19
|
76
|
Tuntas
|
35
|
Andri Afrizal
|
16
|
64
|
13
|
52
|
Tidak
|
36
|
Ari Awindi
|
15
|
60
|
19
|
76
|
Tuntas
|
37
|
Akbar Pratama Pohan
|
20
|
80
|
19
|
76
|
Tuntas
|
38
|
Bachtiar Harahap
|
13
|
52
|
20
|
80
|
Tuntas
|
Jumlah
|
655
|
2620
|
772
|
3088
|
Berdasarkan tabel 6 dapat diketahui
bahwa nilai tertinggi siswa pada pre tes adalah 96 sebanyak 1 orang dan nilai
terendah adalah 40 sebanyak 2 orang.
Pada post tes diketahui nilai tertinggi siswa adalah 100 sebanyak 1 orang
dan nilai terendah adalah 52 sebanyak 1 orang. Nilai pre tes siswa yang tuntas
sesuai KKM adalah sebanyak 31 orang (81.58%) dan yang tidak tuntas 7 orang (18.42%).
Sedangkan nilai pos tes siswa yang tuntas adalah 37 (97,37%) yang tidak tuntas
adalah 1 (2.63%).
1. Teknik Analisa Data
a. Analisis Statistik Dasar Pre-Tes
Tabel 7. Distribusi Frekuensi Pre-Tes
Nilai Pre-Tes
|
Fi
|
Xi
|
Xi2
|
Fi.Xi
|
Fi.Xi2
|
40-46
|
2
|
43
|
1849
|
86
|
3698
|
47-53
|
3
|
50
|
2500
|
150
|
7500
|
54-60
|
8
|
57
|
3249
|
456
|
25992
|
61-67
|
4
|
64
|
4096
|
256
|
16384
|
68-74
|
7
|
71
|
5041
|
497
|
35287
|
75-80
|
8
|
77.5
|
6006.25
|
620
|
48050
|
81-87
|
1
|
84
|
7056
|
84
|
7056
|
88-96
|
5
|
92.5
|
8556.25
|
462.5
|
42781.3
|
Jumlah
|
38
|
539
|
38353.5
|
2611.5
|
186748
|
Berdasarkan tabel 7, diketahui nilai rata-rata post-tes () = 68.72. Persentase nilai diatas 60 = 25 siswa (65 %)
dan nilai dibawah 60 = 13 siswa (35 %) dan simpangan baku = 14.02.
b. Analisis Statistik Dasar Pos-Tes
Tabel 8. Distribusi Frekuensi Pos-Tes
Nilai Pos-Tes
|
Fi
|
Xi
|
Xi2
|
Fi.Xi
|
Fi.Xi2
|
52-58
|
1
|
55
|
3025
|
55
|
3025
|
59-65
|
1
|
62
|
3844
|
62
|
3844
|
66-72
|
6
|
69
|
4761
|
414
|
28566
|
73-79
|
3
|
76
|
5776
|
228
|
17328
|
80-86
|
14
|
83
|
6889
|
1162
|
96446
|
87-93
|
11
|
90
|
8100
|
990
|
89100
|
94-100
|
2
|
97
|
9409
|
194
|
18818
|
Jumlah
|
38
|
532
|
41804
|
3105
|
257127
|
Berdasarkan tabel 8, diketahui nilai rata-rata post-tes () = 81.71. Persentase nilai diatas 60 = 37 siswa (97 %)
dan nilai dibawah 60 = 1 siswa (3 %) dan simpangan baku = 9.61.
Tabel 9. Data
Perhitungan Nilai Pre Tes dan Pos Tes
Instrumen
|
Nilai Rata-rata
|
Nilai > 60
|
Nilai < 60
|
Tuntas
|
Tidak Tuntas
|
Pre Tes
|
68.72
|
25 siswa 65.79%
|
13 siswa 24.21%
|
65 %
|
35 %
|
Pos Tes
|
81.71
|
37 siswa 97 %
|
1 siswa 3 %
|
97 %
|
3 %
|
2. Uji Persyaratam Analisis Data
Uji persyaratan analisis data meliputi uji normalitas, dan uji
homogenitas terhadap data pre tes dan data pos tes pada kelas penelitian. Berikut ini disajikan hasil uji persyaratan
data pada kelas yang diteliti.
a. Uji Normalitas
Uji normalitas dilakukan dengan
menggunakan uji Lilliefors dengan taraf nyata α = 0,05 ,n = 38 maka didapat Ltabel
= 0,144, karena Lo < Ltabel. Hasil pengujian normalitas data pre tes adalah -0.138 < 0,144 dan post tes -0,142
< 0,140 pada kelas eksperimen maka kesimpulannya adalah data hasil pre tes dan
post tes siswa berdistribusi normal.
dapat dilihat pada tabel 10 di bawah ini. Perhitungan dapat dilihat pada lampiran 11.
Tabel 10 . Pengujian Normalitas
Data Penelitian
No
|
Data
|
Lo
|
Ltabel
(α = 0,05)
|
Kesimpulan
|
1
|
Pre tes
|
-0,138
|
0,144
|
Normal
|
2
|
Pos Tes
|
-0,142
|
0,144
|
Normal
|
b. Uji Homogenitas
Berdasarkan hasil perhitungan
uji Homogenitas pada lampiran 12 bahwa besarnya pengaruh metode Guide Note Taking terhadap hasil belajar
siswa pada materi pokok Ciri-ciri Mahluk Hidup di kelas VII SMP Swasta Kesatuan Meranti Kabupaten
Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012 yaitu sebesar 45% dan 55% dipengaruhi oleh
faktor-faktor pendukung yang lain seperti kemampuan siswa, kemampuan guru serta
sarana dan prasarana yang mendukung.
3. Uji Hipotesis
Berdasarkan penelitian terhadap normalitas dan homogenitas sebagai mana telah dilketahui sebelumnya
bahwa persyaratan analisis data dalam peneliitian ini adalah berdistribusi
normal dan dari variasi populasi yang homogen. Selanjutnya akan dilakukan
hipotesis dengan uji “t” dengan rumus Arikunto (2006) uji hipotesis disajikan pada lampiran 13,
dan dapat diperoleh thitung
> ttabel atau 4,831 > 3,320 maka
Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan
penggunaan Metode Pembelajaran Guide Note
Taking terhadap hasil belajar Biologi pada materi pokok Ciri-ciri
Mahluk Hidup di kelas VII SMP Swasta Kesatuan Meranti Kabupaten
Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012.
C.
Pembahasan Hasil Penelitian
Tes yang diberikan sebanyak 25 soal pilihan berganda dengan jumlah sampel
penelitian sebanyak 38 orang. Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah diitentukan dari sekolah yaitu 60, maka
dapat diketahui nilai pre tes yang tuntas sebanyak 14 orang (36%) dan yang
tidak tuntas 24 orang (64%). Sedangkan nilai postes yang tuntas adalah 34 siswa
(89%), yang tidak tuntas adalah 4 siswa (11%).
Sebelum perlakuan diberikan pada kelas eksperimen, terlebih dahulu
peneliti melakukan uji kemampuan awal (pre tes) untuk mengetahui kemampuan
dasar siswa. Setelah hasil pre-tes dihitung, nilai rata-rata Pre Tes adalah 57.18,
sedangkan Standar Deviasi adalah 11.66. Selanjutnya peneliti memberikan
perlakuan pada siswa menggunakan metode Guide
Note Taking sehingga diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa (post
tes) adalah 68,39 atau terjadinya peningkatan nilai rata-rata, sedangkan
Standar Deviasinya 8,39.
Pada perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa data
hasil belajar berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t
hasil pre tes dan post tes yang menginterpretasikan penggunaan metode Guide Note Taking memberi pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar Biologi Materi Pokok Ciri-ciri Mahluk Hidup di
Kelas VII SMP Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012
dengan ketentuan thitung > ttabel (4,831 > 3,320) maka Ha diterima dan Ho
ditolak.
Adanya pengaruh tersebut dikarenakan metode Guide Note Taking sangat membantu siswa
untuk meningkatkan hasil belajar dan menuntut siswa untuk dapat menalar dan memahami materi sehingga dibutuhkan
konsentrasi siswa yang tinggi, hal ini
didukung oleh kajian pustaka Zaini (2008) menyatakan bahwa Tujuan strategi Guide Note Taking adalah
agar metode ceramah yang dikembangkan oleh guru mendapat perhatian siswa,
terutama pada kelas yang jumlah siswanya cukup banyak.
Metode pembelajaran Guide Note
Taking merupakan merupakan metode yang tidak lepas dari metode ceramah,
suatu strategi dimana seorang guru menyiapkan suatu bagan, skema (handout) sebagai
media yang dapat membantu siswa dalam membuat catatan ketika seorang guru
sedang menyampaikan pelajaran dengan metode ceramah.
Dengan demikian, dalam metode Guide Note Taking posisi guru sebagai fasilitator dan
siswa sebagai subyek, sehingga pola interaksi yang terjadi adalah antara
guru dan siswa, serta siswa dengan siswa. Dengan adanya interaksi yang
demikian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode ini dianggap
peneliti mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar biologi. Hal ini didasarkan karena metode Guide
Note Taking merupakan strategi yang memungkinkan siswa berperan
secara aktif dalam proses pembelajaran berlangsung baik dalam bentuk interaksi
antar siswa maupun siswa dengan guru dalam proses pembelajaran tersebut dan
juga merangsang kemampuan kognitif siswa.
0 komentar:
Post a Comment