ABSTRAK
DHARMA PUTRA LAKSMONO. NPM
7107050065. Pengaruh Model Pembelajaran Guide Note Taking Terhadap Hasil Belajar
Biologi Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Mahluk Hidup di Kelas VII SMP Kesatuan
Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Guide Note Taking terhadap hasil belajar
biologi siswa pada materi pokok ciri-ciri mahluk hidup. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas kelas VII
SMP Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang
berjumlah 115 orang siswa. Dari 115 orang siswa diambil sampel sebanyak 38
orang siswa. Sampel diuji dengan Pre-test dan post-tes untuk mendapatkan data.
Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu (Quasi
Experimen) menggunakan model pembelajaran Guide Note Taking bertujuan untuk melihat hasil belajar biologi siswa
pada materi pokok ciri-ciri mahluk hidup di kelas VII SMP Kesatuan Meranti
Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Mencari Hipotesis menggunakan
Uji t dengan taraf signifikan α = 0,05% dan dk = N-1.
Hasil
penelitian ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode
Pembelajaran Guide Note Taking, nilai
rata-rata pre-tes (mean) adalah 68.72
dan standart deviasi 14.02 ada peningkapatan pada nilai rata-rata pos-tes yaitu
81.71 dan standar deviasi 9.61.
Dari hasil
pengujian hipotesis dengan statistik uji t diperoleh thitung sebesar 4.677 dan dikonsiltasikan dengan ttabel
pada taraf signifkan 5% sebesar 2,232. Maka diproleh thitung > ttabel (4,831
> 2,232) dan karena to yang
diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 4,831 > 2,232 maka Ha diterima dan Ho
ditolak, sehingga kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model
Pembelajaran Guide Note Taking terhadap
hasil belajar Biologi pada materi pokok Ciri-ciri Mahluk Hidup di kelas VII SMP Swasta
Kesatuan Meranti Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012.
0 komentar:
Post a Comment