KOMUNIKASI DAN ORGANISASI

HUBUNGAN KOMUNIKASI DENGAN PERILAKU ORGANISASIONAL
1. Ihwal Organisasi
Istilah “organisasi : dalam bahasa Indonesia atau organization dalam bahasa Inggris bersumber pada perkataan latin Organization yang berasal dari kata kerja bahasa latin pula, organizare, yang berarti to form as or into a whole consisting of interdependent or coordinated parts (membentuk sebagai atau menjadi keseluruhan dari bagian – bagian yang saling bergantung atau terkoordinasi).

2. Pengaruh Komunikasi terhadap Perilaku Organisasional
a. Peranan Antarpesona (Interpersonal Roles)
1) Peranan tokoh (figurehead role)
2) Peranan pemimpin (leader role)
3) Peranan penghubung (liasion role)

b. Peranan Informasional (Informational Role)
1) Peranan monitor (monitor role)
2) Peranan penyebar (disseminator role)
3) Peranan jurubicara (spokesman role)

c. Peranan Memutuskan (Decisional Role)
Ada empat peranan yang dicakup oleh peranan-peranan memutuskan :
1) Peranan wiraswasta (enterpreneur role)
2) Peranan pengendali gangguan (disturbance handler role)
3) Peranan penentu sumber (resource allocater role)
4. Peranan perunding (negotiator role)

DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN ORGANISASI
1. Komunikasi Internal
a. Dimensi Komunikasi Internal
Dimensi komunikasi internal terdiri dari komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal.

b. Jenis Komunikasi Internal
Komunikasi internal meliputi berbagai cara yang dapat diklarifikasi menjadi dua jenis, yakni :
- Komunikasi persona (personal communication)
- Komunikasi kelompok (group communication)

1) Komunikasi persona (personal communication)
Komunikasi persona ialah komunikasi antara dua orang dan dapat berlangsung dengan dua cara :
a. Komunikasi tatap muka (face to face communication)
b. Komunikasi bermedia (mediated communication)

2) Komunikasi kelompok (group communication)
Komunikasi kelompok ialah komunikasi antara seseorang dengan sekelompok orang dalam situasi tatap muka.

2. Komunikasi Eksternal
Komunikasi eksternal terdiri atas dua jalur secara timbal balik, yakni komunikasi dari organisasi kepada khalayak dan dari khalayak kepada organisasi.

0 komentar:

Post a Comment