Menurut Assauri (2015:193), Strategi
penetrasi pasar adalah suatu strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan
untuk meningkatkan penjualan atas produk dan pasar yang tersedia melalui usaha-usaha
pemasaran yang agresif. Penetrasi pasar dapat dibedakan sebagai berikut:
1) Perusahaan mencoba merangsang
konsumen agar meningkatkan pembeliannya.
Perusahaan dapat mendorong
konsumen untuk lebih sering membeli dan mendorong konsumen untuk lebih banyak
melakukan pembelian. Target yang dicapai adalah konsumen pada perusahaan itu sendiri.
Promosi harga, iklan, publisitas dan perluasan jaringan distribusi sangat
diperlukan.
2) Perusahaan dapat meningkatkan
usahanya dengan menarik atau mempengaruhi konsumen saingannya. Target yang
dicapai yaitu konsumen saingannya.
3) Perusahaan dapat meningkatkan
usahanya dengan menarik yang bukan pemakai (non-users) atau calon konsumen yang
berada dalam lingkungan pasarnya. Target yang dituju adalah para calon konsumen
atau yang bukan pemakai.
0 komentar:
Post a Comment